8 Manfaat Jalan Kaki Lebih dari 10.000 Langkah Sehari, Ampuh Turunkan Berat Badan

oleh -554 views
oleh
8 Manfaat Jalan Kaki
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM – 8 Manfaat Jalan Kaki Lebih dari 10.000 Langkah Sehari, Ampuh Turunkan Berat Badan. Jalan kaki merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana dan mudah, namun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Bertujuan untuk melakukan lebih dari 10.000 langkah per hari dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental.

Berjalan 10.000 langkah sehari menjaga kesehatan jantung. Sedangkan jalan kaki yang teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan melancarkan sirkulasi darah.

Olahraga ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, jalan kaki merupakan cara efektif untuk membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Jadi membantu dalam penurunan berat badan. Jalan kaki membantu memperkuat otot dan tulang serta meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Baca Juga :  Momen Presiden Jokowi dan Iriana Hadiri Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Salaman hingga Berfoto

Manfaat berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah sehari

Berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah per hari memiliki manfaat sebagai berikut seperti dilansir Times of India, Rabu (15/5/2024).

1. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda secara signifikan, sehingga Anda dapat menghirup lebih banyak oksigen setiap kali bernapas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cardiopulmonary Rehabilitation and Prevention, jalan kaki memperkuat otot pernapasan, meningkatkan ventilasi, dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan.

Peningkatan kapasitas paru-paru ini dapat menghasilkan daya tahan yang lebih baik dan kesejahteraan secara keseluruhan selama aktivitas fisik.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu manfaat terpenting dari jalan kaki adalah efek positifnya terhadap kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa berjalan kaki minimal 10.000 langkah per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%.

Baca Juga :  4 Indikator Keberhasilan dalam Sosialisasi Pemilu Adalah Apa Saja? Simak Penjelasan

Jalan kaki yang teratur menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung.

3. Mengurangi resiko stroke pada wanita

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke menemukan bahwa wanita yang berjalan 10.000 langkah atau lebih per hari memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah dibandingkan wanita yang berjalan lebih sedikit.

Para peneliti mengamati lebih dari 13.000 wanita selama satu dekade dan menemukan bahwa mereka yang lebih banyak berjalan kaki memiliki risiko 21 persen lebih rendah terkena stroke. Jalan kaki membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi penumpukan plak di arteri, yang semuanya membantu mengurangi risiko stroke.