Kadispar Kutim; Pemandu Wisata Bisa Jadi Sumber Kehidupan

oleh -580 views
oleh
Kadispar Kutim; Pemandu Wisata Bisa Jadi Sumber Kehidupan

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Kadispar Kutim; Pemandu Wisata Bisa Jadi Sumber Kehidupan. Sektor pariwisata, saat ini menjadi salah satu sektor yang banyak menyumbang devisa bagi negara.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur (Kutim) Nurullah, ia mengatakan apabila sektor tersebut memiliki peranan penting bagi kelangsungan perekonomian di Indonesia.

Salah satu bagian terpenting dalam industri pariwisata yakni pemandu wisata atau Tour guide yang memiliki peran memberikan informasi mengenai objek wisata, kepada para wisatawan yang berkunjung.

“Pekerjaan ini (pemandu wisata) bisa menjadi sumber kehidupan (profesi), asalkan kita benar-benar serius menjalankan profesi ini,” ujarnya.

Kemudian, peluang untuk menjadikan pemandu wisata menjadi salah satu profesi, khusunya di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kutai Timur (Kutim) pada khusunya, masih terbuka dengan lebar, mengingat hingga saat ini belum banyak di lirik oleh masyarakat.

Baca Juga :  Pemberian Satyalancana Karya Satya: Penghormatan atas Dedikasi Pegawai Kutai Timur

“Dan, apabila IKN ini terwujud, pasti akan banyak tamu yang datang untuk melihat destinasi wisata apa yang ada di Kaltim, termasuk Kutim, belum lagi, migrasi warga lokal juga akan pasti akan bertambah,” imbuhnya.

Terlebih, saat ini di zaman serba digital, informasi apapun pasti akan cepat menyebar, termasuk destinasi pariwisata yang selama ini tidak banyak di ketahui, terlebih dengan adanya media sosial, menambah laju informasi adanya lokasi wisata yang pasti akan menjadi perbincangan hangat masyarakat yang penasaran untuk berkunjung

“Nah, disinilah peran pemandu wisata bisa menjadi jembatan untuk memberikan informasi secara lengkap kepada para wisatawan yang ingin datang,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Sampaikan KUA dan PPAS Perubahan Saat Sidang Paripurna Ke-21

Hal senada juga di sampaikan, ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Kaltim Awang Jumri, menurutnya, keberagaman destinasi wisata yang ada di Kutim menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya dari mancanegara di bandingkan dengan daerah lain, khususnya di Kaltim.

Sehingga peran pemandu wisata menjadi sangat vital untuk membantu memberikan informasi kepada wisatawan yang akan berkunjung ke setiap destinasi wisata yang ada. (adv)