Nanas Masuk Ke dalam Komoditi Unggulan Kutim

oleh -663 views
oleh
Nanas Masuk Ke dalam Komoditi Unggulan Kutim
Nanas madu yang mulai dikembangkan di Desa Long Segar, Kecamatan Telen.

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Nanas Masuk Ke dalam Komoditi Unggulan Kutim. Buah yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi ini, kini mulai dilirik menjadi salah satu komoditas baru di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Buah yang tidak kenal musim ini, dinilai bisa menjadi tanaman primadona yang dibudidayakan oleh masyarakat di desa Himba Lestari Kecamatan Batu Ampar.

Melihat potensi yang masih sangat terbuka di pasaran, pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) terus berupaya mendorong para petani agar terus meningkatkan produksinya.

Baca Juga :  Kutim Gelar Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkades Damai di Bukit Pelangi

“Kami akan coba lebih detail mengedukasi para petani agar mempunyai jadwal tanam yang berkelanjutan, agar tidak terjadi penurunan harga karena adanya buah yang melimpah saat panen tiba,” ucap Kepala Dinas DTPHP Kutim melalui Bidang Hortikultura Wahyudi Noor. Rabu (03/05/2023).

Selain itu, dengan adanya jadwal tanam yang teratur, memberikan dampak positif bagi para petani, sebab kapanpun dibutuhkan oleh pasar, ketersediaan buah asal Amerika Selatan ini yang selalu tersedia.

“Jadi para peminat buah ini bisa rutin mengambil buah dari para petani, sehingga berdampak baik bagi perekonomian mereka (petani),” imbuhnya.

Baca Juga :  Pesta Karya Spansatara, 18 Lomba Digelar Selama 5 Hari

Selain itu, melalui Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) pihaknya terus melakukan pendampingan dengan memberikan pemahaman Kepada para petani agar mampu menghasilkan produk yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

“Termasuk berkoordinasi dengan Dinas di Provinsi, dan mereka antusias untuk mendorong komoditi buah nanas kita semakin dikenal di pasar yang lebih luas, ” pungkasnya. (adv)