Terungkap, iPhone Bakal Punya Fitur Circle to Search Mirip Android

oleh -649 views
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM – Tampaknya iPhone akan memiliki fitur yang sedang populer saat ini yaitu Circle to Search. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di perangkat Samsung Galaxy dan Google Pixel.

Sebelumnya, Google diam-diam melontarkan lelucon tentang iPhone yang tidak memiliki fitur ini. Namun, berkat pintasan di iOS dan Google Lens, iPhone akan memiliki fungsi seperti Lingkaran ke Pencarian.

Google Lens sendiri sudah tersedia di iOS sejak lama. Dikutip Gizmochina, Sabtu (11/5/2024), Minsang Choi, direktur desain Google Lens, mengatakan pengguna iPhone kini bisa menikmati pengalaman pencarian visual mirip Circle to Search melalui aplikasi Google.

Selain pencarian objek visual yang lebih cepat, pintasan di Google App kini memudahkan pengguna iPhone menggunakan Google Lens untuk menyalin dan menerjemahkan teks dari gambar.

Terungkap juga bahwa pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapat dengan mudah mengaktifkan fungsi pencarian visual melalui tombol aksi.

Untuk iPhone seri lawas yang tidak memiliki tombol aksi, pengguna masih dapat dengan mudah mengaktifkan fitur pencarian visual menggunakan gestur sentuh.

Back Tap sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuka shortcut dengan mengetuk bagian belakang iPhone.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh, lalu pengguna dapat memilih antara ketuk dua kali atau ketuk tiga kali untuk mengaktifkan pintasan. Setelah Back Tap diaktifkan, pengguna dapat menggunakan fitur tersebut untuk membuka pintasan Google Apps.

Sementara itu, fitur Circle to Search sudah mulai diluncurkan untuk pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna mencari informasi secara otomatis dalam gambar atau teks. Pengguna cukup melingkari atau menghapus suatu objek yang muncul di layar, kemudian informasi mengenai objek tersebut akan langsung ditampilkan di layar.

Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, kini fitur tersebut bakal hadir di Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, seperti dilansir GSM Arena, Minggu (4/2/2024). Sebelumnya, Google sempat menyatakan bahwa fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan laporan banyak pengguna, fungsi ini tersedia langsung melalui server. Jadi pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu memperbarui aplikasi atau firmware untuk merasakan fitur ini.

Pengguna juga dikatakan tidak akan menerima notifikasi setelah mengakses fitur ini. Untuk itu, sebaiknya pengguna segera mencoba fitur ini untuk mengetahui apakah Circle to Search sudah tersedia di perangkatnya.

Saat ini, akses ke fitur Circle to Search terbatas pada lini Galaxy S24 dan Google Pixel 8, belum ada kabar kapan fitur tersebut akan diluncurkan ke perangkat Android lainnya, namun ada laporan lain yang menyarankan fitur tersebut. Ini akan terbuka untuk perangkat lain pada Oktober 2024.

Dengan fitur Circle to Search, pengguna dapat mencari informasi pada gambar atau teks tanpa meninggalkan aplikasi atau mengetikkan permintaan pencarian.

Fitur baru ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi gambar atau teks di aplikasi apa pun yang memungkinkan screenshot, termasuk galeri, web, media sosial dan lain-lain.

Seperti disebutkan, Anda dapat mencari informasi dalam gambar atau teks sambil menonton video.

Sebagai informasi, Circle to Search merupakan salah satu fitur Galaxy AI yang diintegrasikan Samsung ke dalam perangkat seluler barunya, yakni seri Galaxy S24.

Dengan lingkaran pencarian ini, pengguna dapat secara otomatis mencari berbagai informasi dalam gambar atau teks.

Pengguna seri Galaxy S24 cukup melingkari atau menghapus suatu objek yang muncul di layar, dan Galaxy AI di ponsel akan secara otomatis mencari informasi tentang objek tersebut.

Saat ini, fitur Circle to Search sudah bisa digunakan di berbagai aplikasi, mulai dari kamera hingga YouTube. Sayangnya fitur ini juga tidak mendukung pencarian langsung dari Netflix.

Sebelumnya Samsung sempat mengatakan bahwa fitur Circle to Search akan mendukung semua aplikasi, termasuk Netflix.

“Kami akan menginformasikan kepada tim Samsung dan segera meluncurkan pembaruan fitur Circle to Search dalam waktu dekat,” kata Samsung kepada KUTIMPOST.

Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Circle to Search? Cek caranya di bawah ini:

Cara menggunakan lingkaran untuk fungsi pencarian Klik dan tahan tombol “Home” di ponsel Android seri Galaxy S24, baik untuk membuka kamera, YouTube, atau yang lainnya. Gunakan jari Anda atau S Pen untuk mencari atau mengetuk objek menarik di ponsel Android Anda. Setelah Anda melepaskan jari atau S Pen dari layar ponsel, Anda akan melihat hasil pencarian di kartu di bagian bawah layar Galaxy S24 dan Anda dapat menggulir untuk melihat hasil dan informasi lebih lanjut. Anda juga dapat mengetik di bilah pencarian untuk menyaring hasil pencarian dan merujuk pada objek melingkar di Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, atau Galaxy S24 Ultra.

Baca terus artikel kami di GoogleNews