BPBD Kutim Terjunkan 5 Personil, Bantu Penanganan Banjir di Wahau dan Kongbeng

oleh -
bpbd kutim terjunkan 5

KONGBENG, KUTIM POST Terjunkan 5 Personil, Bantu Penanganan Banjir di Wahau dan Kongbeng. Banjir yang terjadi di Kecamatan Wahau dan Kongbeng saat ini mulai surut.

Kepala BPBD Kutim melalui Kabid Penanggulangan dan Kesiapsiagaan menerangkan, telah menurunkan personil ke Wahau dan Bengalon.

“Kami dari telah menurunkan 5 personil, alhamdulillah saat ini air sudah surut dan masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti semula,” tutur Awang. Sabtu, (18/12/2021).

Lanjut Awang, selama 5 hari anggota membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca Juga :  Faisal Rahman Minta Pemkab Kutim Optimalkan Daya Serap Anggaran

“Selama 5 hari, tim dari BPBD berjibaku membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok,” lanjut ia.

Banjir yang terjadi di Kecamatan Wahau dan Kongbeng hampir terjadi setiap tahun. Namun, tahun ini banjir mencapai dua meter, banjir tertinggi dalam beberapa tahun belakangan ini.

Yakni, di pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai dan tempat yang daerahnya dataran rendah.

Banjir disebabkan curah hujan yang intens, sehingga menyebabkan sungai Seleq dan Melenyiuq meluap dan masuk ke dalam pemukiman warga di desa Miau Baru dan sekitarnya.

Baca Juga :  Meriahnya HUT Desa Tepian Baru Warga Tumpah Ruah

Sebelumnya, menurut salah satu warga menyebutkan, sebagian warga di RT 6 di evakuasi ke Balai Desa Miau Baru.

“Warga di RT 6 rata-rata rumah sudah mulai terendam air. Sementara di evakuasi kerumah warga yang pondasi rumahnya yang lebih tinggi. Lainnya (warga) di evakuasi ke Balai Desa (Lamin Adat) Desa Miau Baru,” ucap Petrus.