Festival Sepak Bola Usia Dini: Membentuk Bakat Muda di Kutai Timur

oleh -513 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar festival sepak bola untuk anak-anak usia 10 hingga 12 tahun di Stadion Utama Kudungga, Sangatta, Kutim. Festival yang dibuka oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman berhasil menarik peserta dari berbagai klub sepak bola cilik.

Pada festival ini, Piala Bupati menjadi hadiah bergengsi yang diperebutkan antara klub dan sekolah sepak bola (SSB) se-Kalimantan Timur (Kaltim).

“Alhamdulillah tahun ini ada sekitar 10 lebih Cabang Olahraga (Cabor) mengadakan kejuaraan (turnamen) di Kutim,” ungkapnya, Minggu (12/11/2023).

Menurutnya, Festival Sepak Bola Usia Dini ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas permainan sepak bola di kalangan anak-anak.

Baca Juga :  Peringatan Hardiknas, Bupati Ardiansyah: Pemerintah Akan Sediakan Internet Gratis untuk Semua Sekolah di Kutim

Selain mendorong semangat kompetitif, Bupati juga menekankan pentingnya sikap sportif dan fair play dalam bertanding.

“Bermain secara sportif, bermain secara bagus sesuai dengan arahan para pelatih. Jadikan kejuaraan ini sebagai asah terampil bagi anak-anak dalam meningkatkan kualitas permainan sepak bola,” jelasnya.

Sekretaris ASKAB PSSI Kutim, Pandi Widiarto, menyampaikan bahwa terdapat 64 tim peserta dalam turnamen Festival Sepak Bola Usia Dini, dengan masing-masing 32 tim untuk usia 10 dan 12 tahun.

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 40 juta untuk semua kategori usia. Juara pertama berhak atas hadiah Rp 8 juta, juara kedua Rp 5 juta, juara ketiga Rp 3 juta, dan juara keempat Rp 2 juta.

Baca Juga :  Waspada!!! Kasus DBD Kutim Meningkat Capai 496 Per Agustus 2023

Selain itu, penghargaan untuk topskor, pemain terbaik, dan kiper terbaik juga akan mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan sepeda.