HMI Kutim Adakan Khitan Massal

oleh -778 views
oleh
Hmi kutim adakan

KUTIMPOST.COM, Sangatta – HMI Kutim adakan khitan massal.

Menjelang Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sangatta Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan bakti sosial khitanan massal.

Diketahui, dalam khitanan massal tersebut setiap anak mendapat paket berupa sarung, kopiah dan obat-obatan yang diberikan langsung ke 100 orang anak.

Agenda itu dilansungkan di Sekretariat HMI, Jalan Prof Lafran Pane, Gang Insan Cita, Kanal I, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kamis, (20/7/2023) kemarin.

Acara tersebut dihadiri langsung Wabup Kutim sekaligus Ketua MD KAHMI Kutim, Kasmidi Bulang dan jajaran, Ketua LPAI Kutim, Asti Mazar, Ketum HMI Cabang Sangatta, Moh Ali B Musa, Ketum HIPMI Kaltim, Bakri Hadi, perwakilan BPKAD Kutim, Ardaniansyah Dahlan, perwakilan Manajemen PT KPC, Rahmat Giling, perwakilan Manajemen PT PAMA Persada Nusantara Sangatta, Toni Kristiawan, TNI AL, Polres, Ketua Panitia, Sofian, 95 peserta khitanan dan lainnya.

Moh Ali B Musa mengatakan, kegiatan khitanan massal ini bertujuan untuk memperingati Hari Anak Nasional di tahun 2023. “Kegiatan ini, semoga menjadi solusi buat masyarkat sekalipun itu tidak banyak pesertanya,” ucap Ali.

Baca Juga :  Dinsos Kutim Sediakan Rumah Perlindungan Trauma Center Untuk ODGJ Yang Ingin Dirujuk

Ia mengaku khitan ini juga adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki secara pandangan Agama Islam. Fungsi dari khitan adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

Kata dia, terkait tim medis yang membatu dalam khitanan ini yakni dari Polres Kutim, Lanal Sangatta, Rumah Sakit (RS) umum Kudungga. “Kami sangat berterima kasih dan merasa bersyukur kepada tenaga medis Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan semua berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Kami juga berterima kasih kepada para senior KAHMI Kutim yang di Ketuai oleh Kanda H Kasmidi Bulang, perusahaan PT KPC, PT PAMA Persada Nusantara yang sudah mensuport penuh kegiatan ini,” ucapnya.

Sofian mengaku, peserta khitanan yang diselenggarakan HMI berjumlah kurang lebih 100 orang terbagi dari beberapa desa yakni, Desa Kandolo, Desa Teluk Lombok, Desa Sangatta Utara, Desa Sangatta Selatan dan Kelurahan Teluk Lingga. Kemudian juga ada yang dari anak-anak panti asuhan Sangatta.

Baca Juga :  Kemenkumham Kaltim Teken MoU Terkait Kekayaan Intelektual dengan Pemkab Kutim

Kata dia, awalnya berjumlah 95 orang peserta yang ikut khitanan massal ini berdasarkan data yang dikelola oleh panitia. “Seiring berjalannya waktu bertepatan hari khitanan, orang tuanya tidak menkonfirmasi kedatangannya dengan alasan si anak itu tidak mau di khitan,” tegas Sofian.

“Sehingga kami berinisiatif lagi untuk membuka pendaftaran, dan Alhamdulillah bertambah 10 orang untuk mencukupi 100 peserta,” terangnya.

Kemudian ia berterima kasih kepada seluruh pengurus MD KAHMI Kutim maupun pihak terkait yang sudah membantu kegiatan ini, sehingga proses berjalan dengan lancar yang sebagaimana mestinya.

“Saya ucapakan terima kasih kepada steering committee (SC) dan seluruh jajaran organizing committee (OC) dapat membantu kegiatan ini. Tanpa ada SC dan OC kegiatan ini tidak berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu Sofian berpesan kepada kepada kader HMI Cabang Sangatta teruslah berprses di setiap moment HMI. (Adv)