Panen Raya Semangka, Joni; Intensifkan Peran PPL

oleh -346 views
oleh
Panen Raya Semangka, Joni; Intensifkan Peran PPL
Ketua DPRD Kutim, Joni, saat menghadiri panen raya semangka, di Kecamatan Rantau Pulung.

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Panen Raya Semangka, Joni; Intensifkan Peran PPL. Selain perkebunan sawit, budidaya semangka menjadi salah satu komoditi yang saat ini menjadi fokus kelompok tani di Kecamatan Rantau Pulung.

Terbukti, dari hasil panen raya semangka oleh Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya asal Desa Manunggal Jaya Kecamatan Rantau Pulung, bisa menghasilkan 75 ton. Selasa (22/05/2023).

Joni, bersama Bupati beserta unsur Forkopimda lainya di lokasi hamparan seluas 3 hektare yang di perkirakan mampu menghasilkan komoditi Semangka 75 ton dalam sekali panen.

Saat ditanya awak medua, usai kegiatan tersebut, Politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap pengembangan komoditi semangka yang di lakukan oleh para poktan Lestari Mandiri Jaya bisa terus di kembangkan agar mampu memenuhi kebutuhan di pasaran, khusunya di Kutim.

Baca Juga :  Joni, Ajak Masyarakat Tingkatkan Prokes

“Yah, saya berharap tidak hanya Poktan ini saja (Lestari Mandiri Jaya) saja, yang membudidayaka buah, ini dan kalau bisa di tiap kecamatan minimal ada 1 Poktan atau maysarakat yang berkebun semangka, saya yakin itu sudah cukup untuk memenuhi permintaan pasar,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berharap agar pemerintah juga terus memberikan perhatian kepada para petani, dengan mengintensifkan peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam mendampingi dan memberikan edukasi kepada para petani agar produktifitas hasil pertanian semakin meningkat.

“Mereka (PPL) harus jadi garda terdepan untuk membantu para petani agar terus bisa memaksimalkan hasil pertanian di Kutim,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Kutim, Dyah Retnoningrum, menyebut, potensi yang di hasilkan dari buah semanggka yang di tanam di lahan seluas 3 hektare mencapai 75 ton dalam sekali panen, dengan asumsi rata-rata dalam 1 hektare mampu menghasilkan 25 ton buah semangka.

Baca Juga :  DPRD Kutim Setujui Ranwal RPJMD Tahun 2021-2026 Pemkab Kutim

“1 kilogramnya di jual Rp 7 ribu kalau kita kalikan 75 ton dalam sekali panen, berarti para petani mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp 525 juta.” Ujarnya.