Pesan Wabup Kasmidi: Ketua RT/RW, Jangan Terlibat Politik Praktis pada Pemilu

oleh -488 views
oleh

Sangatta – Dalam sebuah acara silaturahmi di salah satu hotel di Sangatta pada Minggu (12/11/2023) malam, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menyoroti peran penting Ketua RT/RW dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan segera diadakan di seluruh Indonesia, termasuk Kutai Timur.

“Dalam waktu dekat, kita telah merasakan atmosfer pemilihan legislatif di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Pusat yang semakin nyata,” ujarnya.

Wabup Kasmidi mengharapkan agar Ketua RT/RW tidak menghalangi tim sukses yang ingin masuk ke lingkungan mereka. Menurutnya, tim sukses juga memiliki tanggung jawab moral kepada calon legislatif, kepala daerah, dan presiden yang mereka wakili untuk menyampaikan program-program yang diamanahkan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Kutim Gelar Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkades Damai di Bukit Pelangi

“Yang perlu dihindari adalah terlibat dalam politik praktis,” pesannya tegas kepada para Ketua RT/RW.

Selain menghindari keterlibatan dalam politik praktis, Kasmidi juga memberikan instruksi kepada Ketua RT/RW untuk secara aktif mendorong warga agar menggunakan hak suaranya pada Pemilu yang akan dimulai pada Februari 2024 mendatang.

“Partisipasi warga kita masih rendah dibanding daerah lain, jadi saya berharap para Ketua RT/RW terus mengajak warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Suara mereka memiliki dampak yang sangat besar,” tambahnya.

Pesan dari Wabup Kasmidi Bulang menjadi panggilan bagi para Ketua RT/RW untuk tidak hanya menekankan pentingnya partisipasi warga dalam proses pemilihan, tetapi juga untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat mempengaruhi integritas proses demokrasi.