Raih Peringkat I Panji Keberhasilan Bidang Koperasi dan UKM, Darsafani : Akan Terus Dorong Koperasi UKM Lebih Maju

oleh -198 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – Meraih penghargaan peringkat I Panji Keberhasilan pembangunan, oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltim ke 66 tahun di Bidang Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutai Timur (Kutim) Darsafani menyebut capaian ini berkat dukungan semua pihak, terutama Bupati beserta jajarannya, Forkopimda dan Perangkat Daerah lainnya.

Darsafani menyebut keberhasilan Kutim meraih panji keberhasilan bidang Koperasi dan UKM ini karena memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditentukan.

“Diantaranya mendapatkan dukungan dari Pemerintah, khususnya dukungan anggaran, selain itu mendapat dukungan dari Kepala Daerah atau kehadiran beliau saat melaksanakan kegiatan-kegiatan di Dinas Koperasi dan UKM Kutim,” ujarnya saat di hubungi via telpon, Selasa (10/1/2022).

Selanjutnya dirinya mengatakan, aktif dalam giat pembinaan terhadap Koperasi dan UKM seperti melakukan kunjungan terhadap Koperasi-koperasi yang ada di Kutim untuk melakukan monitoring dan evaluasi.

“Alhamdulillah Koperasi di Kutim telah mencapai target, tadinya pembinaan kami hanya 100 Koperasi, naik menjadi 600 Koperasi. Bahkan saat ini hampir mencapai 800 Koperasi,” jelas Darsafani.

Untuk UKM, sambung ia, dilakukan peningkatan SDM, yaitu pelatihan-pelatihan yang dilakukan setiap waktu terhadap para pelaku usaha mikro. Selain itu pihaknya juga mendapatkan alokasi anggaran dari Pusat maupun Provinsi untuk melakukan pelatihan-pelatihan peningkatan SDM terhadap UKM dan Koperasi.

“Banyak hal juga yang telah kami lakukan, diantaranya memberikan bantuan berupa alat atau barang olahan yang bisa meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah, Hal-hal tersebutlah yang menjadi penilaian,” beber Darsafani.

Terakhir dirinya berharap, apabila Kutim dipercaya di tingkat Nasional, maka pihaknya akan lebih memperhatikan peningkatan SDM dan memberikan bantuan kepada Koperasi dan UKM, selain itu akan terus mengevaluasi serta mendorong agar bisa lebih maju lagi.

“Harapannya para Koperasi dan UKM Kutim bisa ikut di pasar ekspor. Kalau sudah bisa menembus pasar ekspor sangat luar biasa dan bisa ikut di tingkat Nasional,” kata ia. (G-S02)

Baca terus artikel kami di GoogleNews