Son Hatta Sampaikan Pandangan Umum Fraksi PPP pada Rapat Paripurna ke-11

oleh -477 views
oleh

SANGATTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyata Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) Mochammad Son Hatta mengaku bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepada pemerintah dan seluruh SKPD terkait, yang telah berhasil mencapai penambahan pendapatan daerah terutama di beberapa sektor unggulan di Kutim.

“Kami menyampaikan pandangan atau pesan bahwa hendaknya anggaran APBD Kutim tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dan secara optimal untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kutim, terutama untuk mewujudkan tema pembangunan pada tahun 2024 yaitu Penguatan Struktur Ekonomi guna mendukung Perekonomian Daerah,” ujar Hatta.

Dalam menyikapi anggaran APBD Kutim yang besar, Hatta memberikan masukan agar pihak eksekutif dapat mengoptimalkan penyerapan anggaran secara maksimal. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kualitas SDM pada pegawai di setiap SKPD. Prinsip efektif dan efisien, serta pelaksanaan program kerja dan kegiatan pada RKPD yang telah dibuat, harus dikedepankan.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Ketua DPRD Kutim Berharap Masyarakat Lakukan 5 M

Juga untuk menghindari adanya pemborosan penggunaan anggaran yang sifatnya hanya seremonial dan tidak menyentuh kepada sasaran prioritas program kegiatan atau pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga tujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat bisa tidak tercapai.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus bekerja keras dalam memastikan dan mengawal anggaran agar proyeksi pendapatan yang telah disusun tidak mengalami penurunan yang signifikan serta dalam mengalokasikan anggaran kepada setiap OPD atau SKPD bisa proporsional dan terukur, sehingga tidak muncul stigma atau anggapan hanya OPD / SKPD tertentu saja yang mendapatkan anggaran berlebihan.

Baca Juga :  5 Kecamatan Pesisir Dapatkan Kendaraan Patroli dan Peralatan MPA Karhutla

Sementara masih ada OPD/SKPD tertentu yang merasa dianaktirikan dengan menerima anggaran belanja yang masih jauh dari kata cukup dan kurang proporsional, sehingga pemerataan pembangunan dan program kegiatan bisa berjalan secara optimal dan maksimal untuk menata Kutim untuk semua lapisan masyarakat.

Terakhir, Hatta mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kutim dan Pemkab Kutim yang telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan umum Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Terima kasih kepada Pemkab Kutim yang telah menyampaikan secara resmi nota pengantar rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutim Tahun Anggaran (TA) 2024,” tutupnya.