Spesifikasi Kapal Perusak Type 45, Andalan Angkatan Laut Inggris

oleh -635 views
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Internasional – Spesifikasi pesawat tempur Type 45 asal Inggris menjadi pembahasan yang menarik untuk disimak. Kapal perang ini merupakan salah satu yang paling kompleks dalam catatan militer Inggris.

Peningkatan kemampuan lainnya untuk pesawat tempur Tipe 45 baru-baru ini diumumkan. Menurut laporan Naval Today, salah satu tujuan proyek ini adalah untuk memperkuat dan mendukung sistem rudal pertahanan udara Sea Viper pada kapal perusak Type 45.

Seperti apa sebenarnya spesifikasi pesawat tempur tipe 45 ini? Baca ulasan ini untuk mengetahui lebih banyak tentangnya.

Spesifikasi Pesawat Tempur Tipe 45

Kapal Perusak Tipe 45 merupakan salah satu kapal perang Inggris tercanggih sejak Perang Dunia Kedua. Secara historis, pesawat tempur ini digunakan sebagai penerus Type 42 yang sudah tua.

Mengutip Naval Technology, kontrak pengembangan dan produksi awal diberikan kepada BAE Systems Marine. Setelah melalui proses yang panjang, kapal ini ditugaskan sekitar tahun 2009.

Kapal perusak Tipe 45 memiliki panjang 152 m dan lebar 21,2 m. Diperkirakan kapal yang ada ini mampu menampung hingga 235 orang.

Pada mesinnya, Type 35 ditenagai dua mesin WR-21. Kondisi ini memungkinkannya mencapai jarak 7000 nm. Selain itu, kecepatan maksimum yang bisa dicapai lebih dari 30k.

Salah satu misi utama pesawat tempur seperti Type 45 adalah sebagai senjata antipesawat. Terdapat sistem senjata jarak jauh, yang kemampuannya cocok untuk memerangi ancaman udara dari wilayah laut.

Persenjataan utama Tipe 45 adalah sistem rudal antipesawat PAAMS. Beberapa jenis rudal yang bisa digunakan adalah Aster 15 dan Aster 30.

Selain itu, pesawat tempur Tipe 45 juga dilengkapi dengan senjata lain. Misalnya sistem meriam 114 mm dan meriam 30 mm untuk pemboman pantai.

Dari segi kecanggihan, kapal ini memiliki radar BAE System Insyte atau Thales S1850M. Sistem ini dapat memberikan peringatan otomatis mengenai potensi serangan torpedo musuh atau saran taktis mengenai manuver untuk mengalahkan ancaman tersebut.

Selain kelebihan di atas, Type 45 memiliki kokpit dan hanggar yang mampu menangani satu helikopter. Pengaturan ini membuat kemampuannya menjadi lebih fleksibel.

Demikian sekilas tentang spesifikasi pesawat tempur Type 45 asal Inggris.

Baca terus artikel kami di GoogleNews