Usai Dilantik, Dyah Ratnaningrum Akan Genjot Pertanian dan Peternakan di Kutim

oleh -
dyah ratnaningrum akan genjot

SANGATTA, KUTIM POST – Usai dilantik, akan genjot pertanian dan peternakan di Kutim. Pangan menjadi pekerjaan rumah Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Dyah Ratnaningrum, sesuai dengan visi dan misi Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Hal tersebut diutarakannya Dyah usai dirinya dilantik menjadi Kadis Pertanian dan Peternakan, di ruang Meranti. Kamis, (14/10/2021).

Saat ditanya terkait ekspor pisang, Dyah menjelaskan, saat ini Kutim sudah menjadi pengekspor pisang ke luar daerah.

“Kita sempat berhenti ekspor ke luar daerah. Namun, kini sudah kembali normal dan malah akan lebih besar lagi kedepannya, kita akan membuat klaster-klaster pisang yang seperti di Kaubun dan Sangkulirang” tuturnya.

Baca Juga :  Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah Cukup Dirumah

Seperti kita ketahui, dan penghasil pisang untuk Kabupaten Kutai Timur.

Disisi lain, Dyah juga memaparkan serapan beras di mencapai 370,850 ton pertahun. Data tersebut di dapat dari Dinas Ketahanan Pangan 88,8 kapita pertahun.

“Kami sudah memikirkan dan menganalisa lagi, serta akan menvalidasi jumlah data yang ada, berapa hektar jumlah sawah di setiap Kecamatan. Kalau data kita bagus, kita merencanakan juga akan bagus,” paparnya.

Lanjutnya, selain dari segi pertanian, Dyah juga akan membenahi peternakan, salah satunya inseminasi buatan.

Baca Juga :  Dinkes Kutim : Masyarakat Harus Patuhi Anjuran Pemerintah

“Dulu sudah bagus sekali, cuma ada beberapa hal. Nanti akan kita galakkan lagi dengan dokter hewan, Insya Allah akan kembali bekerja sesuai kapasitasnya,” tutup Dyas.