25 Tahun Penantian Air Bersih

oleh -360 views
oleh
25 tahun penantian air
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Sangkulirang25 Tahun Penantian Air Bersih.  Tidak pernah berhenti harapan. Mungkin itu penyataan yang tersirat dari warga di Kecamatan Sangkulirang untuk layanan air bersih. Bagaimana tidak, salah satu warga telah menanti kehadiran air bersih selama 25 tahun. Akhirnya impian itu terwujud melalui Program Hibah Air Minum Perkotaan (AMK) Tahun Anggaran 2022.

“Saya merantau dari Sulawesi ke Sangatta. 25 tahun sudah menetap. Akhirnya penantian itu terwujud, tahun kemaren dapat merasakan air bersih,” tutur Arham warga Desa Maloy, Kecamatan Sangkulirang ini.

Dirinya mengungkapkan, selama menetap di Desa Maloy. Kebutuhan air bersih didapat dari kolam dan sumur. Sedangkan untuk kebutuhan air minum dulunya diperoleh dari sumur.

“Kalau untuk mandi pakai air di kolam semacam embung yang dimanfaatkan beramai-ramai. Sedangkan untuk air minum, sumbernya dari sumur sedalam 30 meter. Kini sejak ada air pdam. Air itu kami masak untuk minum,” ungkap pria yang bermukim di RT 4 itu.

Baca Juga :  40 Pelajar Ikuti Turnamen PBSI Kecamatan Sangkulirang

Arham mengharapkan, program ini dapat terus dilanjutkan. Mengingat ada sejumlah warga di wilayah tersebut yang belum mendapat layanan air bersih. Sebab program ini sangat membantu. Khususnya warga dengan penghasilan rendah.

“Ada kira-kira 10 tetangga saya belum dapat. Memang kemarin jarak rumah jauh. Jadi tidak masuk kriteria. Semoga kedepan bisa dimasukkan,” Harapan pria yang mengenakan kemeja hitam bermotif daun itu.

Penyaluran program AMK 2022 di Kecamatan Sangkulirang di serahkan simbolis oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman kepada Arham. Bertepatan dengan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam). Berlokasi di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangkulirang, Jumat (24/2/2023).

Hadir dalam penyerahan program tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Direktur Utama PERUMDAM Kutim Suparjan, Direktur Teknik Galuh B Munanto, Kepala Bappeda Noviari Noor, Kepala Kadis PU Muhammad Muhir, Camat Sangkulirang Rahmad, Camat Sandaran Tri Sukadar, Kepala Cabang PERUMDAM Kutim Takim Budi Ansari serta perwakilan Forkopimda di lingkungan Pemkab Kutim.

Baca Juga :  Gula Gait Cemilan Lawas Khas Sangkulirang Yang Tetap Eksis Sampai Sekarang

Sebagai informasi, program hibah AMK telah dijalan Pemkab Kutim melalui PERUMDAM Kutim sejak tahun 2020 silam. Untuk tahun 2022 lalu cakupan layanan menjangkau 14 Kecamatan dengan total sambungan langganan 1.565. Khusus di Kecamatan Sangkulirang dilaksanakan di Desa Maloy dengan jumlah 50 KK.

Baca terus artikel kami di GoogleNews