Ardiansyah Minta Kualitas UMKM Ditingkatkan Untuk Bersaing di Pasar Global

oleh -280 views
oleh

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman tak henti-hentinya memberikan semangat, ruang dan waktu bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kutai Timur, agar bisa memunculan produk-produk buatan tangan, kerajinan maupun hasil pertanian dan tanaman pangan dalam event-event yang digelar oleh Pemerintahan maupun Stakeholder di Kutim.

Hal ini juga selaras dengan intruksi presiden agar kegiatan-kegiatan ekonomi kerakyatana terus didorong dan diberi kesempatan. Sehingga, bisa menjadi salah satu alternatif pengendalian inflasi.

“Seperti saat datanganya Kadis Koperasi UKM Kalimantan Timur beberapa lalu, agar kegiatan ini selalu digalakkan dan harus selalu diberikan ruang dan waktu di mana saja. Karena kondisi kekinian terkait dengan ekonomi gelombang ini yang perlu kita antisipasi dan kita bersyukur untuk Kalimantan Timur saat rapat inflasi beberapa hal yang lalu, kita (Kaltim) turun (inflasinya),” ujar Bupati Ardiansyah Sulaiman, saat membuka Roadshow Bazar Promosi UMKM, Kamis (06/4/2023) di Halaman Eks Kampus STAIS Kutim, di Jalan APT Pranoto, Sangatta Utara.

Baca Juga :  Di KM 26 Karangan, Faizal Rachman Bahas Listrik

Salah satu pendukung utama dalam menekan kenaikan inflasi adalah ketahanan pangan, lanjut Ardiansyah. Segaimana diketahui, di Bulan puasa apalagi mendekati Idul Fitri itu biasanya inflasi naik.

“Tapi saya masih belum optimis, karena ini masih dalam pekan kedua memasuki Ramadan, mendekati akhir, disini ada lonjakan-lonjakan yang memang kita harus diantisipasi,” tuturnya.

Sehingga kegiatan seperti Bazar UMKM ini menjadi salah satunya solusi untuk menekan kenaikan-kenaikan harga itu.

” Untuk itu dinas-dinas terkait yang juga harus ambil bagian dalamnya (Bazar),” ucap orang nomor satu di Kutim ini.

Lebih jauh Ardiansyah berharap, di Kutim tidak hanya sekedar pertumbuhan UMKM dari sisi kuantitas, tetapi juga kualitas.

Baca Juga :  Octarizal Fikri, Perenang Kutim Pecahkan Rekor Nasional Atas Dirinya

“Coba tolong ini ditingkatkan. Dan coba lirik peluang apa yang ada di pasar global. Karena saya yakin kita punya peluang sangat besar di beberapa negara Eropa yang sekarang banyak mengalami gangguan makanan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Roadshow Bazar Promosi UMKM ini akan digelar selama 10 hari. Mulai tanggal 06 April hingga 15 April 2023. (G-S04)