Di Puncak Pesta Adat Lomplai, Warga Siapkan Makanan Khas Wehea Beang Bit dan Lemang

oleh -255 views
oleh
banner 1024x768

MUARA WAHAU – Warga Dayak Wehea, nampak antusias menyiapkan makanan khas mereka dalam menyambut puncak Pesta Adat Dayak dan Budaya atau yang lebih dikenal dengan “Lom Plai”. Makanan yang wajib ada di setiap rumah adalah Beang Bit (dodol) dan Lemang.

Sejak pagi mereka telah sibuk mengolah makanan yang berbahan dari tepung ketan, mentega, santan (kelapa) dan gula merah (untuk bahan beang bit). Beras ketan dan santan (untuk bahan lemang).

Salah satunya adalah keluarga Lah Imang dan Yohana Yaq Tung nampak kerjasama antar keluarga dalam menyiapkan makanan yang bakal disajikan pada puncak perayaan Lom Plai pada Selasa (2/5/2023) besok.

“Ya makanan ini (beang bit dan lemang) wajib ada kita siap di rumah masing-masing. Karena ini sudah makanan tradisi kita,” ungkap Yohana sembari menyiapkan lemang yang akan dibakar (proses pengolahan lemang), Senin (1/5/2023) sore di samping rumahnya.

Untuk proses pengolahan beang bit sendiri, adonan yang telah dicampur, dibungkus dengan daun kemudian dimasukan ke dalam bambu agar memiliki aroma bambu. Setelah itu dikukus selama kurang lebih 45 menit kemudian ditiriskan dan siap disantap. (G-S04)

Baca terus artikel kami di GoogleNews