Disdik Kutim Tuntaskan Asesmen Nasional Tingkat SMP

oleh -
Disdik Kutim Tuntaskan Asesmen

SANGATTA, KUTIM POST Disdik tuntaskan Asesmen Nasional tingkat SMP tahun 2021. Sebanyak 37 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di zona 2 dan 4, mengikuti asesmen nasional yang diadakan Dinas Pendidikan Kutai Timur, di Ruang Pelangi, Hotel Victoria Sabtu, (13/11/2021).

Syahrir mengatakan kegiatan ini output nya untuk menseragamkan agar tidak ada ketimpangan di sekolah.

“Dinas pendidikan ini sebagai tolak ukur, maju dan mundurnya pendidikan di Kabupaten Kutai Timur, dengan ini kita satukan persepsi biar tidak jalan sendiri-sendiri, seperti itulah keluarannya nanti,” tutur Syahrir.

Baca Juga :  Dispar Kutim Launching Pojok Kreatifitas dan Informasi

Di tempat yang sama, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Bidang SMP Akhmad Asari menjelaskan, asesmen pertama di ikuti zona 1 dan 3 menyusul zona 2 dan 4.

“Sebenarnya kita laksanakan beberapa bulan yang lalu, karena ada kendala teknis, akhirnya baru bisa kita laksanakan sekarang,” jelasnya.

Disdik Tuntaskan Asesmen Nasional Tingkat SMP

Lanjut Asari setiap sekolahan mengirim dua orang, yaitu kepala sekolah, dan proktor yang di laksanakan sehari penuh.

Asari juga menerangkan asesmen nasional ini menggantikan UAN yang penilaiannya hanya sebatas siswa saja.

“Jadi, asesmen nasional ini, yang di ukur kemampuan siswa, dalam hal ini untuk menentukan kelulusan. Namun, untuk asesmen nasional ini sasarannya siswa, guru dan sekolah. Untuk siswa namanya AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dan ada survei lingkungan dan karakter untuk guru dan sekolah,” jelasnya.

Baca Juga :  Hendriyadi : Saya Sendiri Yang Akan Menindak Jika Ditemukan Ada Pelanggaran

Untuk diketahui, hasil dari asesmen tersebut adalah rapot mutu untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan sekolah, sebagai acuan dinas pendidikan dalam meningkatkan kualitas kedepan sekolah tersebut. (adv)