Dispursip Kutim Tumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal Melalui Lomba Bertutur

oleh -660 views
oleh
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispursip) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar lomba bertutur tingkat SD, dengan tujuan menumbuhkan kecintaan budaya lokal melalui cerita.

“Kegiatan lomba bertutur seperti ini sangat baik untuk memberikan stimulus pada anak-anak agar dapat menumbuh-kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai macam bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan, dan kesatuan serta nasionalisme,” ucap Kadispursip Kutim Ayub, di Sangatta, Kamis (13/6/2024).

Ia melanjutkan kegiatan ini berlangsung selama satu hari di ruang meranti, Kantor Bupati Kutim. Dengan diikuti puluhan peserta dari tingkat SD se-Kutim.

Ayub melanjutkan melalui lomba ini, pihaknya menekankan pentingnya budaya membaca sebagai modal utama dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat yang cerdas, berwawasan luas, dan tangkas menghadapi tantangan global.

“Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan faktor penting dalam mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap berkompetisi secara sehat,” lanjutnya.

Ayub mengatakan antusiasme dan keberanian para peserta dalam bertutur di depan para juri dan penonton menjadi bukti semangat generasi muda dalam menghidupkan budaya baca dan cinta terhadap warisan budaya bangsa.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi lomba bertutur yang diinisiasi Dispursip Kutim. Kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat membaca dan rasa cinta terhadap budaya lokal di kalangan generasi muda Kutai Timur.

“Mari ajak anak-anak kita mencintai buku dan budaya kita. Semoga generasi muda Kutai Timur terus tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan penuh inovasi.,” katanya.

Ardiansyah berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan semakin banyak anak-anak yang terinspirasi untuk mencintai buku dan budaya daerah mereka. (Adv/hf)

Baca terus artikel kami di GoogleNews