Dua Penghargaan di Sabet Kutim di Top Digital Award 2022

oleh -278 views
oleh

JAKARTA – Akhir tahun 2022 menjadi akhir tahun panen penghargaan bagi Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Penghargaan terkini, yakni Bupati dan Pemerintah Kabupaten Kutim menerima penghargaan Nasional bidang Teknologi Informasi. Di ketahui, TOP Digital Award telah dilaksanakan sejak 2016 hingga saat ini 2022 dan ini merupakan yang ke tujuh.

TOP Digital Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran, dan kegiatan penilaian/pemberian penghargaan bidang implementasi teknologi digital, yang diberikan kepada instansi pemerintahan dan korporasi bisnis di Indonesia, ini merupakan Award digital terbesar di Indonesia.

Penyerahan penghargaan TOP Digital Awards 2022 dengan tema “ The Strategic Impact Of Digital Transformation in Business & Government” di Hotel Rafles, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Adapun, penilaian atau penjurian dilakukan pada Oktober 2022 lalu oleh Tim yang terdiri dari Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara, Para Praktisi Teknologi Digital dan beberapa Dosen Perguruan Tinggi.

Ketua Dewan Juri Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng mengatakan penentuan pemenang kategori TOP Digital Implementation level bintang

ditentukan dengan seleksi awal terhadap 900 calon peserta untuk menghasilkan 200 kandidat terbaik. Tim seleksi terdiri dari pakar praktisi akademisi, pelaku bisnis dan media.

Baca Juga :  Hari Pertama Kejurprov Atletik 2022, Kutim Juara I di Lima Nomor Tanding

“Mereka merekomendasikan kabinet-kabinet, perusahaan, pemerintahan, usaha/bisnis yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya data-data pendukung diantaranya hasil penilaian SPBE atau sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dilakukan oleh Kemenpan RB juga menjadi pertimbangan. Dalam seleksi awal, dari 200 kandidat terbaik sebanyak 182 peserta dapat mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk hadir dan presentasi keberhasilan yang impementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Kutim mendapat dua (2) penghargaan sekaligus karena dinilai telah sukses menjalankan transformasi digital, yaitu Top Leader On Digital Implementation 2022 kepada Ardiansyah Sulaiman selaku Bupati Kutim yang dengan Kepemimpinannya secara langsung mendukung Transformasi Digital di Pemerintah Kabupaten Kutim berupa, program pengembang Smart City di Kabupaten Kutim.

Kemudian, Top Digital Implementation 2022 #Level Star 4 ( Bintang 4 = Sangat Baik), diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kutim yang telah mengimplementasikan teknologi digital berupa infratruksutur pendukung teknologi digital tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Menanggapi hal itu, Bupati Kutim Ardiansyah mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Pihaknya sangat mendukung percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, di instansi pemerintahan maupun untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Kutim Buka Pelatihan Kapasitas Kelembagaan Koperasi dan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Bakery

Tentunya, kata dia, hal ini selaras dengan misi ke 4 Kabupaten Kutai Timur “Mewujudkan Pemerintahan Yang Partisipatif Berbasis Penegakan Hukum dan Teknologi Informasi”.

“Sengaja kita jadikan sebagai salah satu pemicu kita. Sehingga didalam pergerakan kita dipemerintahan bahwa Teknologi Informasi ini menjadi bagian yang harus kita lakukan. Yang tidak kalah penting adalah bahwa Pemerintah Indonesia juga menekankan Smart City menjadi model dari pemerintah kita,” terang orang nomor satu di Pemkab Kutim ditemui usai menerima penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada teman2 kominfo yang hari ini kita cukup kaget digital award dengan level star 4 (sangat baik) mudah-mudahan kedepan bisa kita tingkatkan lagi. Kata kuncinya bukan peningkatan awardnya, tapu kita ingin melayani masyarakat kita dengan memanfaat kemajuan teknologi informas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik Kutim) Ery Mulyadi bersykur, pertama kali mengikuti TOP Digital bisa masuk pada #level star 4.

“Kedepan kita akan melakukan evaluasi dan hasil penilaian apa saja yang harus kita perbaiki tentu saja akan kita perbaiki dan tingkatkan dimasa yang akan datang,” tutur Ery. (G-S04)