Faizal Rachman Usulkan Alokasi Dana untuk Bantuan Nitrobacter di APBD Perubahan 2024

oleh -474 views
oleh
Faizal Rachman Usulkan Alokasi Dana untuk Bantuan Nitrobacter di APBD Perubahan 2024

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Faizal Rachman Usulkan Alokasi Dana untuk Bantuan Nitrobacter di APBD Perubahan 2024. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Faizal Rachman, mengatakan bahwa ia telah mengusulkan alokasi dana untuk memberikan bantuan berupa Nitrobacter, suatu jenis pupuk, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 di daerah pemilihannya.

Pernyataan tersebut disampaikannya setelah mengikuti rapat Panitia Khusus (Pansus) Peraturan Daerah (Perda) tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Karena saya bilang begini, kalau petani itu sudah gagal dia ‘kan harus mencari uang lagi untuk tanam baru lagi,” ujar Faizal saat ditemui awak media.

Baca Juga :  Ramadhani Soroti Mahalnya Harga Seragam Di Koperasi Sekolah Dasar

Menurut Faizal, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) harus memperhatikan petani dan memberikan insentif kepada mereka, terutama dalam konteks kenaikan APBD-P yang signifikan di Kutim.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa petani padi saat ini diapit oleh perkebunan kelapa sawit, yang dapat menjadi sumber hama yang merusak tanaman padi.

Kehadiran kelapa sawit di sekitar area pertanian dapat menimbulkan masalah serangga yang mengganggu.

“Kehadiran hama ini dapat berdampak buruk pada hasil panen petani padi yang ada di sekitar perkebunan kelapa sawit,” tegasnya.

Lebih lanjut, Faizal Rachman menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya memperbaiki kualitas dan struktur tanah petani untuk memastikan hasil yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga :  Yan: Anak Muda Zaman Sekarang Kurang Menghargai Jasa Pahlawan

“Karena bulan tanam kita ini ‘kan di bulan November 2023. Mudah-mudahan di November ini sudah terealisasi sambari menunggu pupuk Nitrobacter itu,” pungkasnya.