Ratusan Burung Meriahkan Gelaran Bupati Cup III Kicau Mania Kutim

oleh -549 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur kembali menggelar Bupati Cup III Kicau Mania. Lomba tersebut mempertemukan para kontestan dari berbagai daerah se-Kalimantan Timur dan berlangsung di Halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Minggu (5/11/2023).

Ketua Panitia Bupati Cup III Kicau Burung, Agus Tunggal Ametung, menyampaikan bahwa ada hampir mencapai ribuan jumlah burung yang diikutkan dalam kontestasi tersebut.

“Pesertanya (burung) kalau kita total semua bisa mendekati ribuan ya, tapi ini bentangannya ada 64 ya, alhamdulillah ini full, dan ini sejarah selama Bupati Cup, best of the best,” ucap Agus.

Agus juga menyoroti bahwa dua event sebelumnya belum memperoleh respon yang sebesar ini, sehingga ia merasa bangga dengan antusiasme peserta yang memenuhi setiap kategori yang tersedia.

Sementara itu,Kepala Dinas Pariwisata, Nurullah, menambahkan bahwa tujuan dari turnamen ini adalah untuk mendorong minat masyarakat dalam melestarikan beragam jenis burung yang ada di Kutai Timur. Tidak sebatas itu, tetapi juga bertujuan untuk mengajak masyarakat tertarik untuk memperhatikan perawatan burung guna dapat mengurangi potensi penularan penyakit.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah seperti Kabupaten Kediri, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Berau, dan tentu saja Kutai Timur sendiri.

“Ini bagian dari seni dan masuk dalam 17 subsektor ekonomi kreatif, sehingga diharapkan ada budi daya burung dan pelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Terkahir, Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman juga menyampaikan bahwa event lomba kicau burung ini diharapkan bisa menjadi peluang bisnis bagi penggemar burung.

“Dan ini juga event pariwisata yang menarik penonton, semoga ke depan terus berkembang dan kita bisa ke tingkat lebih tinggi,” harapnya.

Baca terus artikel kami di GoogleNews