Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Pastikan Keamanan Saat Rekapitulasi

oleh -253 views
oleh
Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Pastikan Keamanan Saat Rekapitulasi

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Pastikan Keamanan Saat Rekapitulasi. Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah usai dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 lalu, dilanjutkan rekapitulasi hasil pemilu di tingkat kecamatan.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara adalah proses pencatatan hasil penghitungan perolehan suara yang dilakukan di TPS pada Pemilu.

Rekapitulasi dilakukan secara terbuka dan transparan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah menerima kotak suara tersegel dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) seperti dikutip dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Saat memantau rekapitulasi hasil pemilu di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, memastikan keamanan dengan menerjunkan sejumlah personil.

Baca Juga :  Kapolres Kutim : Selamat Berkompetisi di MTQ Ke 42 Kaltim di Bontang

“Terkait perhitungan suara yang dilangsungkan PPK kita sudah siapkan pengamanan dimana ada 36 personil disini (Sangatta Selatan) ada 18 personil, nah, nanti itu berputar terus karena perhitungan ini dari pagi jam 08.00 hingga 24.00 malam, per 12 jam nanti gantian untuk mengamankan,” ujar orang nomor satu di Kepolisian Resor Kutai Timur ini.

Ia menambahkan, sejauh ini keamanan di setiap kecamatan masih aman, walaupun ada sedikit komplain namun sudah diselesaikan oleh Panwascam.

AKBP Ronni Bonic memastikan, selama rekapitulasi pihaknya akan terus mengawal hingga selesai. “Sampai selesai perhitungan kita akan selalu mengamankan,” tegasnya.

Untuk diketahui, personil Polres Kutim beserta jajaran terus mengawal pelaksanaan rekapitulasi di setiap kecamatan hingga sampai ke KPU kabupaten, agar proses Pemilu di Kabupaten Kutai Timur berjalan lancar dan damai.