Kasmidi Berharap Pelita Perlita dan DSK, Buka Dialog dengan Lintas Agama

oleh -972 views
oleh
Kasmidi Berharap Pelita Perlita dan DSK, Buka Dialog dengan Lintas Agama

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Kasmidi Berharap Pelita Perlita dan DSK, Buka Dialog dengan Lintas Agama. Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang sekaligus Ketua pembina Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kutim mengatakan, lembaga ini adalah organisasi sosial, yang betul-betul mau mengurusi dan memberikan kedamaian disekitarnya.

Hal itu disampaikan Kasmidi Bulang pada saat pengukuhan tiga organisasi seperti, Pemuda Lintas Agama (PELITA), Perempuan Lintas Agama (PERLITA) dan Desa Sadar Kerukunan (DSK) periode 2023-2028, di Aula Kementerian Agama (Kemenag), Bukit Pelangi, Sangatta Kutim.

Ia mengaku, lembaga ini sudah lama dibentuk sejak tahun 2016, dan itu berdasarkan instruksi lansung dari pemerintah pusat melalui kementerian. “Saya yang diminta oleh kementerian untuk mengawal organisasi ini, waktu itu masih Bupati Ismunandar dan saya wakilnya,” kata Kasmidi Bulang.

Baca Juga :  Diskominfo Staper Kutim Minta Diberikan Dukungan untuk Anggaran SP4N LAPOR

Kata dia, lembaga ini adalah organisasi plat merah yang lansung dari pusat, kemudian di instruksikan ke daerah-daerah seluruh provinsi maupun kabupaten/kota. “Waktu itu memang lansung wakil bupati yang ditugaskan untuk lembaga ini. Jadi begitulah sejarahnya lembaga ini,” tegasnya.

Ia menambahkan, seiring berjalannya waktu maka terbentuklah tiga organisasi yakni, PELITA, PERLITA dan DSK, ini juga beberapa bagian yang sudah dibentuk.

Kasmidi berharap, PELITA, PERLITA dan DSK ini, bisa menjadi motor penggerak di FKUB yang membekup semua program. Ia juga minta kepada pengurus yang sudah dilantik terus membuka dialog kepada semua lintas agama dan terskhusus pemuda di Kutim.

Baca Juga :  Kasmidi Bersama KAHMI dan HMI Kutim Melaksanakan Ibadah Qurban

“Karena kita ini ‘kan pemuda yang berpotensi besar, orang-orang yang produktif dan gampang untuk menggerakkan suatu kegiatan. Jangan sampai tidak terkoordinasi dengan baik sehingga permasalahan kecil saja ini yang bisa merugikan kita semua,” bebernya. (Adv)