KEK MBTK di Kecamatan Kaliorang Diperkirakan Serap 55.700 Tenaga Kerja

oleh -631 views
oleh
KEK MBTK di Kecamatan Kaliorang Diperkirakan Serap 55.700 Tenaga Kerja
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Sangatta – KEK MBTK di Kecamatan Kaliorang Diperkirakan Serap 55.700 Tenaga Kerja. Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur, menjadi angin segar bagi masyarakat setempat.

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, mengungkapkan bahwa sudah ada satu perusahaan yang ada di KEK MBTK dan akan datang dua perusahaan lainnya yang akan memproduksi margarin dan biodiesel.

“Oleh karena itu, begitu nanti dibuka (lowongan pekerjaan) disana, maka akan banyak lagi serapan tenaga kerjanya,” ujar Bupati, Kamis (19/10/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutim, Sudirman Latif menyampaikan bahwa ada 3 bidang usaha yang akan menjadi tolak ukur kebutuhan tenaga kerja.

Bidang tersebut diantaranya hilirasi dari produk kelapa sawit, hilirisasi dari produk tambang batu bara dan bidang logistik.

“Kemudian kami menyikapinya dengan membuat program penyiapan tenaga kerja dari 3 sisi itu, untuk menjawab rencana kebutuhan, karena kalau dibaca rencana kebutuhan tenaga kerjanya target 55.700 orang,” ujarnya.

Pada hari yang sama, Kutai Timur diundang oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk mempresentasikan kesiapan daerah dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di KEK MBTK. Disnakertrans Kutai Timur telah melakukan berbagai upaya, termasuk pelatihan berbasis vokasi sesuai kebutuhan.

“Upaya seperti hari ini, pelatihan kerja ditarget seribu lebih sampai akhir tahun itu hanya pelatihan yang dibiayai APBD, selain itu ada program pelatihan dari Disnaker Provinsi di samping pelatihan dari Kementerian Tenaga Kerja lewat BLK Samarinda,” pungkasnya. (Adv Kominfo)

Baca terus artikel kami di GoogleNews