256 Warga Kutim Ikuti Pelatihan Gratis dari BLKI dan LPKS

oleh -480 views
oleh
256 Warga Kutim Ikuti Pelatihan Gratis dari BLKI dan LPKS

KUTIMPOST.COM, Sangatta – 256 Warga Kutim Ikuti Pelatihan Gratis dari BLKI dan LPKS. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur melalui Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) membuka pelatihan gratis dalam 3 program, yaitu satpam gada pratama, mekanik alat berat, dan welder 3g.

Kepala Disnakertrans Kutai Timur, Sudirman Latif, menjelaskan bahwa pelatihan ini tidak hanya berbasis kompetensi, melainkan juga mengadopsi metode berbasis vokasi.

Hal ini bertujuan agar peserta tidak hanya mendapatkan pelatihan, tetapi juga diarahkan untuk dapat terserap di pangsa pasar tenaga kerja.

Baca Juga :  Plt Kadinsos Kutim; Pahlawanku Tauladanku

“Tetapi metode ini kita tujukan berbasis vokasi, sehingga tidak hanya cukup dilatih tetapi juga diarahkan agar terserap di pangsa pasar tenaga kerja,” ungkapnya, Kamis (19/10/2023).

Peserta pelatihan berasal dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Rantau Pulung dan Kecamatan Sangatta Utara.

Adapun rinciannya, bidang satpam gada pratama dari Kecamatan Rantau Pulung sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta 48 orang dan Kecamatan Sangatta Utara sebanyak 3 kelas dengan 48 orang.

“Sedangkan mekanik alat berat dari Rantau Pulung sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta 32 orang dan Sangatta Utara sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta 32 orang,” terangnya.

Selain itu, bidang welder 3g di tingkat dasar pihaknya melatih peserta 48 orang dari Rantau Pulung untuk 3 kelas dan juga 48 orang untuk 3 kelas di Kecamatan Sangatta Utara.

Baca Juga :  Program Kolaborasi KPC, SSB dan BLKI Mandiri Kutai Timur

“Total peserta yang akan kita latih mencapai 256 orang,” tambah Sudirman. (Adv Kominfo)