Komitmen Dinas Kesehatan Kutai Timur: 21 Puskesmas Akan Diakreditasi dalam Tahun Ini

oleh -596 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas. Tahun ini, mereka sedang mengupayakan akreditasi pada 21 unit Puskesmas di 18 kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Bahrani Hasanal, mengungkapkan bahwa dari 21 Puskesmas yang ada di Kutai Timur, 9 sudah berhasil meraih akreditasi paripurna. Sedangkan 4 Puskesmas sedang menunggu hasil akreditasi, lalu ada 1 Puskesmas masih dalam proses survei akreditasi, yakni Puskesmas Sangkulirang.

“Ada 4 Puskesmas yang sedang menunggu hasil survei antara lain Puskesmas Kaubun, Busang, Teluk Pandan, dan Muara Wahau 2,” ungkapnya, Selasa (21/11/2023).

Di samping itu, ada 5 Puskesmas yang menanti jadwal survei akreditasi, seperti Puskesmas Telen, Karangan, Muara Bengkal, Batu Ampar, dan Sandaran.

“Sementara ini ada 9 Puskesmas yang sudah berhasil terakreditasi paripurna, artinya pelayanan kesehatan disana lebih maksimal dan kosnisten sesuai SPM (Standar Mutu Pelayanan),” jelasnya.

Daftar Puskesmas yang telah berhasil meraih akreditasi paripurna meliputi:
1. Puskesmas Tepian Baru
2. Puskesmas Kongbeng
3. Puskesmas Muara Wahau I
4. Puskesmas Teluk Lingga
5. Puskesmas Muara Ancalong
6. Puskesmas Kaliorang
7. Puskesmas Sepaso
8. Puskesmas Long Masengat
9. Puskesmas Sangatta Selatan

“Jadi target kami 21 Puskesmas di Kutim akan diakreditasi tahun ini, nanti tahun 2024 sisa 1 yang akan diakreditasi, yakni RSUD Muara Bengkal,” pungkasnya.

Baca terus artikel kami di GoogleNews