Launching ATM Bank Sampah, Ardiansyah Ingin Ada di Tiap BSU

oleh -181 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – ATM Bank Sampah yang di buat oleh Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) akan memudahkan masyarakat yang ingin mengumpulkan sampah untuk mendapatkan manfaat (uang).

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman usai melaunching ATM Bank Sampah saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Folder Ilham Maulana Sangatta, Minggu (26/2/2023)

“Jadi dengan adanya ATM Bank Sampah tidak lagi menunggu lama, tinggal masukan Sampah maka uangnya langsung masuk ke ATM dan ini sangat mudah sekali,” ujar Ardiansyah.

Dirinya berharap kedepan ATM Bank Sampah ini bisa ada di semua Bank Sampah Unit (BSU) atau masing-masing RT.

Baca Juga :  Kasmidi Pimpin Rakor Percepatan Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan

Terkait ATM Bank Sampah ini, Anas Rurojiq Sekretaris Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Kutim mewakili ketua M. Jali mengatakan ATM Bank Sampah ini fungsinya untuk sampah-sampah non organik, terutama jenis botol plastik.

“Jadi kalau kita menemukan botol, lalu kita masukan di mesin ATM Bank Sampah ini nanti ada ID Card lalu ID Card tersebut di gesek akan keluar struknya,” ujar Anas.

Struk itu, sambung Anas, bisa di bawa ke Bank Sampah dan bisa langsung masuk ke sistem aplikasi digital.

Kelebihan ATM Bank Sampah, ujar Anas, apabila sudah terisi penuh pihaknya akan mengetahuinya karena pakai sistem Internet of Things yang controllingnya melalui jaringan.

Baca Juga :  Diperkirakan Sedot Biaya Rp 75 M Pilkada Kutim, Belum Termasuk Protokol Kesehatan

“Dengan sistem ini kami akan mengetahui ATM Bank Sampah mana saja yang penuh, dan ATM ini kalau penuh tidak akan mau mengisinya lagi,” kata ia.

Di katakan Anas, saat ini ATM Bank Sampah baru ada dua unit yang diletakkan di workshop Asobsi Sangatta Selatan dan Asobsi rencananya akan memproduksi sebanyak mungkin ATM Bank Sampah ini. (G-S02)

Baca terus artikel kami di GoogleNews