Lima Sekolah di Kutim Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

oleh -575 views
oleh
banner 1024x768

Sangatta – Prestasi gemilang datang dari lima sekolah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Mulyono, menyampaikan apresiasi atas konsistensi sekolah dalam menjalankan Gerakan Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), yang menghasilkan penghargaan dari Kementerian yang dipimpin oleh Siti Nurbaya.

SMP Negeri 2 Teluk Pandan, SD Negeri 006 Sangatta Utara, SD Negeri 010 Sangatta Utara, serta SD dan SMP Dharma Utama Muara Wahau, merupakan sekolah yang meraih penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Tanggapan Pemkab Kutim di Sidang Paripurna ke 30

“Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada lima sekolah yang meraih penghargaan ini,” ujarnya.

Baginya, penghargaan ini menjadi bukti konkret dan apresiasi dari pemerintah terhadap upaya yang telah dilakukan, khususnya dalam menjaga lingkungan hidup di lingkungan sekolah.

“Mereka patut dijadikan contoh oleh sekolah lain, terutama dalam metode pengelolaan lingkungan. Saya harap, kesuksesan ini dapat diikuti oleh sekolah lain di Kutim,” tambahnya.

Gerakan PBLHS atau Program Adiwiyata, yang telah berjalan sejak tahun 2006, bertujuan untuk menanamkan perilaku tanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup di kalangan warga sekolah. Tujuannya meliputi peningkatan kualitas lingkungan hidup di area sekolah.

Selain itu, gerakan ini juga mendorong kesadaran kolektif di sekolah, memotivasi seluruh warga sekolah untuk sadar dan sukarela berpartisipasi dalam menjaga kebersihan, sanitasi, pengelolaan sampah, penanaman, dan pemeliharaan lingkungan.

Baca terus artikel kami di GoogleNews