Jelang Pilkades Panitia P2KD Harus Tegas dan profisional

oleh -
Anggota DPRD Kutim. Seang Geah Saat Ikuti Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Kutai Timur. KutimPost.com

SANGATTA, KutimPost.com. – Kutai Timur (Kutim) masuk tahap persiapan pemilihan kepala Desa, dalam pelaksanaanya nanti diharapkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) harus profesional dan tegas, dan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan pada pelaksanaan tersebut.

Hal ini mendapat sorotan dari anggota DPRD Kutim, Seang Geah,  disampaikannya usai mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Dinas terkait itu sekaligus menjadi P2KD dan mereka mendapat banyak masukan dari wakil rakyat di ruang hearing Sekretariat DPRD Kutim, Bukit Pelangi, Senin (31/05/2021).

Baca Juga :  Faisal Rahman Anggota DPRD Kutim Jadi Pembinaan Prestasi Pencak Silat

Lanjutnya, Salah satu yang mesti diperhatikan, menurut Seang Geah terkait dengan adanya bakal calon yang lebih dari 5 orang. Jika seperti itu maka harus dilakukan semacam tes agar tiap kandidat bisa melangkah ke tahap berikutnya.

Dalam hal ini juga “Kalau lebih dari lima orang berarti harus dilakukan leksus (seleksi khusus), test wawasan kebangsaan dan lainnya. Saya kira dari hasil itu lah nanti yang akan menghasilkan lima calon desa,” ucap politisi PDIP ini.

Dijelaskan Seang Geah, dalam ketentuan yang mengatur penyelenggaraan baik Permendagri maupun petunjuk teknis pelaksanannya, calon batasnya lima orang. Meskipun, kata dia, regulasi daerah terkait teknis pelaksnaan Pilakdes masih perlu dikaji. Apakah menggunakan aturan lama atau diperbaharui.

Baca Juga :  LSM L2HI Kutim Siap Bersinergi Dengan DPRD Kutim

Kemudian, Siang Geah menambahakn, Pilakdes yang hanya memiliki calon tunggal atau hanya satu calon saja akan ditunda, sebagaimana regulasi yang ada.

“Desa yang cuma memiliki satu calon ditunda pelaksanaanya,” pungkasya. (adv)