Pemkab Kutim Berikan Bibit dan Alat Pertanian ke 10 Kelompok Tani

oleh -701 views
oleh
Pemkab Kutim Berikan Bibit dan Alat Pertanian ke 10 Kelompok Tani
Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, secara simbolis menyerahkan bibit bawang merah ke petani

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Pemkab Kutim Berikan Bibit dan Alat Pertanian ke 10 Kelompok Tani. Pemkab Kutim menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada 10 kelompok tani. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman kepada kelompok tani Sukses Makmur Bersama yang merupakan program kegiatan dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kutai Timur di jalan Simono, RT 38 Kelurahan Teluk Lingga, Selasa (13/06/2023).

Penyerahan bantuan juga dihadiri Kepala Dinas DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum, Camat sangatta Utara Hasdiah Dohi, ketua Dekranasda Kutim Siti Robiah. Bantuan berupa Cultivator, bibit Bawang Merah bibit Cabe, Mulsa, dan pupuk

Pada pemberian bantuan alat juga dirangkai dengan penanaman bibit bawang merah. Dan Kepala Dinas Pertanian diperintahkan oleh Bupati Ardiansyah untuk melakukan inventarisasi secara menyeluruh terkait kebutuhan para petani.

Baca Juga :  KAMMI Kaltim-Tara Gelar Rapim. Ardiansyah Minta Gagasan Baru untuk Kutim

“Untuk mendukung peningkatan hasil pertanian para petani, secara bertahap pemerintah akan memberikan alat pertanian kepada seluruh kelompok tani yang ada di Kutim, salah satunya Cultivator ini,” ujarnya.

Meskipun beberapa komoditas yang dihasilkan oleh para petani masih terkendala dalam pemasaran, namun dirinya merasa bersyukur, karena para petani masih punya peluang yang sangat besar untuk terus meningkatkan dan mengembangkan produktivitas pertanian apalagi produk pertanian seperti sayur-sayuran belum bisa mencukupi kebutuhan pasar di Kutim.

“Perlu bapak ibu ketahui bahwa, Pemerintah Daerah akan terus mendukung berbagai program, untuk meningkatkan kualitas maupun kapasitas pelaku maupun hasil pertanian yang ada di Kutim” Katanya

Baca Juga :  Marak Obat Penyebab Gagal Ginjal, Ini Penjelasan Kadinkes Kutim

Karena menurutnya saat ini penyumbang pembangunan terbesar bagi negara adalah sektor agraria, kemudian bidang pariwisata, dan yang menempati posisi ketiga sekte pertambangan.