Pojok Uji Keamanan Pangan di Pasar Induk Sangatta Gratis Digunakan

oleh -213 views
oleh
banner 1024x768

SANGATTA – Guna memberi perlindungan terhadap masyarakat dari penggunaan bahan berbahaya dalam produk pangan, Pasar Induk Sangatta (PIS) kini memiliki Pojok Uji keamanan pangan yang bisa di manfaatkan masyarakat secara gratis.

Kepala UPT PIS Bohari mengatakan, Pojok Uji merupakan sarana yang bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terkait bahan pangan yang mereka konsumsi.terutama sayur, buah dan ikan agar terbebas dari bahan yang berbahaya.

“Sebagai langkah pencegahan awal, kalau ragu masyarakat yang habis belanja di PIS, tinggal dibawa belanjaanya, nanti petugas kami akan memeriksanya yang hasilnya bisa langsung diketahui saat itu juga, dan tidak dipungut biaya alias gratis,” ujarnya.Kamis (30/03/2023).

Pojok Uji yang terletak di sebelah pasar ikan ini, saat ini sudah memiliki beberapa fasilitas uji menggunakan alat Rapid Test yang bertujuan untuk mengetahui secara dini kandungan yang terdapat di dalam bahan pangan diantaranya Formalin,Rhodamin, Boraks, dan Methanyl yellow.

“Kalau memang terbukti, kami langsung tidak lanjuti, mulai dari, bahan pangan tersebut dibeli dari pedagang yang mana, serta melakukan tindakan persuasif pada pedagang, ” imbuhnya.

Pojok Uji yang merupakan program bantuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Samarinda ini, merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah untuk memberikan jaminan keamanan dan mutu pangan kepada masyarakat agar suatu produk dapat dipertanggung jawabkan.

“Apalagi ini bulan Ramadhan, biasanya permintaan di pasaran tinggi, selain harus lebih hati-hati dalam memilih produk pangan, maka silahkan bagi masyarakat manfaatkan pojok uji ini agar lebih yakin, supaya lebih aman dikonsumsi,” pungkasnya. (G-S08).

Baca terus artikel kami di GoogleNews