Poktan Lestari Mandiri Jaya Mulai Kembangkan Budidaya Bawang Merah

oleh -523 views
oleh
Poktan Lestari Mandiri Jaya Mulai Kembangkan Budidaya Bawang Merah
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Rantau Pulung – Poktan Lestari Mandiri Jaya Mulai Kembangkan Budidaya Bawang Merah. Selain semangka, Kecamatan Rantau Pulung, memiliki potensi untuk pengembangan bawang merah.

Hal itu dilakukan Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya, yang saat ini mulai membudidayakan bawang merah.

Melihat kebutuhan yang terus naik, serta lahan yang luas di Kecamatan Rantau Pulung, menjadi salah satu peluang yang luas untuk pengembangan budidaya bawang merah.

“Selain komoditi Semangka, mereka (Poktan Lestari Mandiri Jaya) juga sedang mengembangkan bawang merah seluas 1 hektare,” ucap Kepala Bidang Holtikultura Dinas Tanaman Pangan Kutim.

Baca Juga :  Wabup Kutim Serahkan Mobil Ambulance untuk Masjid Ulul Albaab

Mengingat, kebutuhan akan komoditi bawang merah masih sangat tinggi di masyarakat, pihaknya berencana menambah luasan lahan yang akan digunakan oleh Poktan Lestari Mandiri Jaya untuk tanaman yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai bumbu penyedap masakan tersebut.

“Kami akan tambah 4 hektare lagi jadi keseluruhan menjadi 5 hektare, dan Program ini akan kami mulai di anggaran perubahan tahun ini (2023), ” imbuhnya.

Pengembangan komoditi bawang merah di Kecamatan Rantau Pulung ini, sambung Yudi, merupakan hasil kolaborasi antara Poktan Lestari Mandiri Jaya dengan pemerintah desa setempat, dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif untuk digunakan sebagai lokasi pertanian.

“Untuk jadwal tanam sendiri, memang kami atur, selain untuk kestabilan harga, hal ini diperlukan sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan stok di pasaran, ” pungkasnya.

Baca terus artikel kami di GoogleNews