Poktan Padaidi Teluk Pandan Siapkan Tempat Untuk Agrowisata

oleh -558 views
oleh
Poktan Padaidi Teluk Pandan
Padi kelompok Tani Pada Idi, Teluk Pandan, sesaat sebelum di panen raya.

KUTIMPOST.COM, Teluk Pandan – Poktan Padaidi Teluk Pandan Siapkan Tempat Untuk Agrowisata. Selain sektor pertanian, baru-baru ini agrowisata menjadi salah satu kegiatan yang akan dikembangkan di Kelompok Tani Pada Idi dan Pada Idi 3, yang ada di Desa Teluk Pandan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Hal tersebut akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang ada di jalan poros Sangatta ke Bontang yang direncanakan akan menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) baru.

“Dan ini luar biasa sekali, adanya rencana Poktan Pada Idi yang ingin wilayahnya juga di jadikan sebagai tempat Agrowisata dan sudah mendapatkan restu dari pak Bupati,” ujar kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Dyah Ratnaningrum, Senin (12/06/2023).

Baca Juga :  Harkitnas 2023, Bupati Kutim; Api Semangat Harus Kita Jaga

Nantinya konsep agrowisata di desa Teluk Pandan, sambung Dyah biasa ia di sapa, akan berbeda dengan Agrowisata yang ada di Kecamatan Kaubun tepatnya di Desa Bumi Rapak, yang saat ini tengah dalam proses pembangunan yang melibatkan masyarakat dan pihak swasta dalam hal ini perusahaan PT Ganda Alam Makmur (GAM).

“Nanti kita bikin cantik dan saya yakin kan banyak wisatawan yang mampir, karena posisinya di jalan poros, dan masyarakat Kutim tidak perlu lagi jauh-jauh ke Bontang untuk sekedar berwisata, karena nanti akan ada spot memancing juga,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Kasmidi; Kita Akan Melakukan Peninjauan Ulang

Selain itu, untuk segera mewujudkan destinasi yang memanfaatkan sektor pertanian atau perkebunan sebagai objek utamanya ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Dinas PUPR, sebagai pelaksana pembangunan saluran irigasinya untuk area yang akan di jadikan sebagai lokasi Agrowisata.

Sementara itu, Ketua Poktan Padaidi syarani mengatakan, pihaknya berharap pembangunan agrowisata bisa segera terwujud, sebagai daya dukungnya, pihaknya sudah menyiapkan area seluas 30 hektare termasuk saluran irigasi sepanjang 3 kilometer.

“Mudah-mudahan tahun depan pembangunan Agrowisata bisa terwujud,” ucapnya. (adv)