Disdikbud Kutim Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelola Perpustakaan

oleh -505 views
oleh
Disdikbud Kutim Gelar Pelatihan

KUTIMPOST.COM, Regional – Disdikbud Kutim Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelola Perpustakaan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah mengadakan pelatihan dengan tujuan meningkatkan kompetensi para pengelola perpustakaan di lingkungan sekolah, khususnya di jenjang SD dan SMP. Acara ini berlangsung pada hari Jumat, tanggal 9 Juni 2023.

Kegiatan ini diadakan di salah satu hotel di Samarinda dan diresmikan oleh Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono. Turut hadir dalam acara ini pengawas sekolah dan pustakawan dari 85 sekolah SD dan SMP.

Dalam sambutannya, Mulyono menyampaikan bahwa peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu langkah penting dalam usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Kutim.

Baca Juga :  Bupati Kutim Minta Perusahaan Berpartisipasi di TMMD Ke-117

“Ini juga menjadi bagian dalam program akreditasi di masing-masing satuan pendidikan yang belum sepenuhnya merata di setiap kecamatan,” ujar Mulyono.

Dia menyatakan bahwa akreditasi di setiap unit pendidikan dapat diartikan sebagai tanda jaminan akan mutu pendidikan, meliputi kualitas tenaga pengajar dan staf pendidikan, fasilitas serta infrastruktur pendukung, dan juga mutu siswa yang berasal dari sekolah tersebut.

Untuk menjalankan upaya percepatan peningkatan mutu pendidikan di Kutai Timur, Mulyono mengungkapkan bahwa mereka akan fokus pada tiga program inti.

Program ini mencakup pengembangan sarana dan prasarana, dorongan untuk mempercepat akreditasi, serta pendistribusian merata tenaga pengajar dan tenaga kependidikan.(yav)