Kasus HIV dan AIDS Tinggi, Arfan Minta Kerja Sama Semua Pihak

oleh -145 views
oleh
Kasus HIV dan AIDS Tinggi, Arfan Minta Kerja Sama Semua Pihak

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Kasus HIV dan AIDS Tinggi, Arfan Minta Kerja Sama Semua Pihak. HIV (Human Immunodeficiency Virus) virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga daya tubuh semakin melemah dan rentan diserang berbagai penyakit.

HIV yang tidak cepat ditangani akan berkembang menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang mana kondisi ini merupakan stadium akhir dari infeksi HIV dan tubuh sudah tidak mampu untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.

Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD), jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mencapai 821 kasus.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kutim, Arfan meminta dinas terkait seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) dan lainnya untuk memperhatikan persoalan ini.

Baca Juga :  Ramadhani Minta Korlap untuk Berkomitmen Penuh

“Kita minta pada dinas terkait untuk bersungguh-sungguh menyampaikan pada pemerintah, pada bupati khususnya, agar ada langkah yang diambil,” ucapnya.

Sebab menurutnya, hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Tentunya bukan penyakit yang sehari atau dua hari bisa sembuh.

Oleh karenanya, pencegahan harus dilakukan secara dini, atau dimulai dari keluarga. Selain itu, sosialisasi juga dianggap penting untuk kalangan remaja.

“Terutama pada anak-anak remaja kita yang ada di Kabupaten Kutim. Jadi saya kira ini perlu disampaikan pada pemerintah dan kami sebagai anggota dewan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jimmi Dapat Keluhan dari Tenaga Pendidik PPPK

Data ini harus menjadi acuan dalam pengambilan tindakan. Kesadaran harus muncul mulai dari orang tua yang harus memberikan edukasi pada anaknya.

Tak jarang, orang tua justru malu dan menganggap penyakit tersebut sebagai aib, padahal tidak ada anak atau orang yang menginginkan penyakit tersebut.

“Ya mohon maaf ini kan bukan aib, tapi ini kan sebuah penyakit yang harus kita cegah bersama. Jadi paling tidak ini ada kekompakan (kerja sama) untuk mencegah maupun menanggulangi ini,” ungkapnya.