Pengrajin Ukiran Dari Kayu Ulin Minta Dukungan Pemerintah Kutim

oleh -
Pengrajin Ukiran Dari Kayu Ulin Minta Dukungan Pemerintah Kutim
Dwiyono Pengrajin Ukiran dari Kayu Ulin, di Jalan Sukarno Hatta
PEMKAB KUTIM

KUTIMPOST.COM – Pengrajin Ukiran Dari Kayu Ulin Minta Dukungan Pemerintah

Dwiyono pengrajin ukiran yang terletak di Jalan Sukarno Hatta, tepatnya disamping Kristiani Center merupakan salah satu pengukir kayu yang ada di

Pengrajin Ukiran

Dari tunggul bekas kayu ulin, ia mampu membuat berbagai kerajinan ukiran yang memiliki nilai jual yang tinggi. Namun, dibalik itu ia masih belum bisa mengembangkan karyanya. Ia masih takut akan legalitas kayu tunggul ulin yang menjadi bahan dasar karyanya tersebut.

“Saya masih ragu, kalau saya membawa kayu tunggul ulin yang tidak terpakai, nanti malah kena sanksi hukum. Jadi yang ada dibelakang rumah saja yang saya gunakan,” tuturnya kepada wartawan Kutimpost.com. Rabu, (14/4/2021)

Baca Juga :  Dinkes Kutim Target Vaksin Tahap 1 Untuk Pelayanan Publik Di GSG

Pengrajin Ukiran Dari Kayu Ulin

Untuk diketahui, Pohon Ulin memiliki nama ilmiah Eusideroxylon zwageri, pohon ini disebut pohon besi, karena merupakan kayu terkuat dari habitat aslinya, Pulau Kalimantan, kayu ulin juga sangat tahan lama dalam penggunaannya, dan tahan rayap.

Karena terkenal kuatnya, kayu Ulin biasanya digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat rumah bagi warga Kalimantan yang bermukim di daerah rawa dan perairan.

Bahkan, hampir semua bagian rumah dibuat dengan kayu kuat ini. Atapnya juga dibuat dari potongan tipis kayu ulin, disebut atap sirap

Baca Juga :  DPRD Kutim Setujui Ranwal RPJMD Tahun 2021-2026 Pemkab Kutim

Kayu besi ini juga dimanfaatkan sebagai bangunan kontruksi jembatan, tiang listrik, papan lantai, bantalan rel, pancang dermaga, saluran air, juga lambung kapal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *