Rasyid: Pentingnya Peran KIM Sebagai Distributor Informasi Bagi Masyarakat

oleh -425 views
oleh
Rasyid
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Rasyid: Pentingnya Peran KIM Sebagai Distributor Informasi bagi Masyarakat. Pada Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Senin (23/10/2023), Sekretaris Diskominfo Staper, Rasyid, menyampaikan pentingnya peran KIM sebagai penyalur informasi bermanfaat bagi masyarakat.

“KIM perlu terus berkembang sebagai komunitas yang mampu memberdayakan masyarakat melalui diskusi yang konstruktif dan penyampaian informasi positif,” ujarnya.

Rasyid menyoroti peran strategis KIM dalam mendistribusikan informasi publik seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Pemberdayaan KIM menjadi kunci untuk mengatasi ketimpangan informasi yang diterima oleh masyarakat.

Baca Juga :  Ardiansyah Tutup Turnamen Mules Cup U 40

“Pengelolaan KIM yang efektif akan berdampak positif pada informasi yang diterima oleh masyarakat,” tambahnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 46 peserta dari berbagai kecamatan dan desa bertujuan memberikan pemahaman tentang pemanfaatan platform Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) kepada Komunitas Informasi Masyarakat di Kutim.

Diskominfo Staper saat ini sedang mengintegrasikan berbagai platform media sosial ke dalam aplikasi umum SP4N LAPOR! Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan aduan melalui kanal aduan umum SP4N LAPOR!.

Pelibatan partisipasi masyarakat dalam penyebaran informasi sangat dibutuhkan. Hal itu mempertimbangkan belum meratanya sarana informasi dan komunikasi yang memadai di seluruh wilayah Indonesia. Terutama di wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal.

Baca Juga :  BRIDA Kutim Adakan Sangatta Belomba Inovasi Daerah

Untuk itu lah diperlukan adanya Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di setiap desa/kelurahan. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. (Adv Kominfo)