Yan, Dukung Kembangkan dan Lestarikan Seni Budaya

oleh -344 views
oleh
Yan, Dukung Kembangkan dan Lestarikan Seni Budaya

KUTIMPOST.COM, Sangatta – Yan, Dukung Kembangkan dan Lestarikan Seni Budaya. Kesenian dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Kesenian merupakan produk budaya bangsa.

Semakin tinggi nilai kesenian satu bangsa, semakin tinggi nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya warisan leluhur.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kutai (Kutim) Yan Ipui. Tingginya minat generasi muda dalam dalam mempelajari seni dan budaya menjadi dasar kebanggaannya.

“Saya melihat sendiri bagaimana bersemangatnya generasi bangsa mempelajari berbagai kebudayaan daerah. Lihat saja setiap kegiatan budaya di Kutai Timur, semaraknya patut diapresiasi,” ungkapnya pada Rabu (09/10/2022).

Baca Juga :  Warga Desa Teluk Pandan Minta Infrastruktur Saat Ketua DPRD Kutim Reses

Lanjutnya, Yan mengatakan,  bangga dengan keanekaragaman negeri merupakan kewajiban semua pihak. Tidak hanya generasi muda, melainkan juga seluruh elemen masyarakat di Kutim. Terutama di setiap sekolah, dinilainya menjadi efektif dengan tingginya minat para pelajar.

“Orang tua yang memberikan dukungan kepada anaknya harus diapresiasi. Dorongan itu sangat memengaruhi proses pengenalan budaya serta tradisi Indonesia,” ungkapnya.

Mengingat, saat ini budaya luar semakin masif di Indonesia. Bahkan sebagian besar generasi penerus bangsa terpikat mengikuti. Makanya diperlukan modifikasi budaya. Di antaranya seni tari yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Sebagai bagian pelestarian dan pengembangan tanpa melupakan maknanya. Ini sangat luar biasa,” terangnya.

Baca Juga :  Ramadhani Soroti Mahalnya Harga Seragam Di Koperasi Sekolah Dasar

Dia juga memberikan apresiasinya kepada Pemkab Kutim, yang tak pernah henti mendorong agar minat generasi muda tidak redup. Tanggung jawab itu sangat melekat.

“Sehingga segala tradisi kearifan lokal menjadi salah satu warisan yang dapat terus dinikmati,” paparnya.

Apalagi setiap gelaran kegiatan di Kutim, seni dan budaya selalu tampil terdepan. Dia pun memastikan, pihaknya akan selalu bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Jadi budaya dan pariwisata menjadi destinasi yang dapat memikat wisatawan berkunjung. Kutai Timur punya semua potensi destinasi,” pungkasnya.