10 Juta Bendera Dibagikan Untuk Meriahkan HUT RI ke 78

oleh -589 views
oleh
10 Juta Bendera Dibagikan Untuk Meriahkan HUT RI ke 78

KUTIMPOST.COM, Sangatta – 10 Juta Bendera Dibagikan Untuk Meriahkan HUT RI ke 78. Di Hari Ulang Tahun RI ke 78 pemerintah mencanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) juga turut serta membagikan bendera yang menjadi simbol persatuan, kedaulatan sebuah bangsa tersebut untuk memeriahkan HUT RI ke 78 tahun

Kegiatan pembagian bendera dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, didampingi beberapa kepala Perangkat Daerah, pengurus TP PKK Kabupaten yang berlangsung di Jalan Yos Sudarso tiga tepatnya di simpang tiga Jalan AW Sjahranie. Jum’at (11/08/2023)

Pemkab Kutim membagikan sebanyak 1500 bendera kepada pengendara kendaraan yang melintasi jalan penghubung antar Provinsi tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Kaltim Resmikan Rumah Layak Huni di Kutim

Di hadapan awak media usai kegiatan, Wabup Kasmidi menjelaskan, pembagian bendera menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa patriotisme, seluruh komponen masyarakat terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Agar rasa persatuan kita semakin erat, tidak mudah di adu domba serta menjadi simbol keutuhan kita yang terbingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Kasmidi

Adapun makna kemerdekaan lebih lanjut dirinya mengungkapkan, masyarakat bisa berkontribusi dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif, yang berdampak pada kemajuan baik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

“Kita tiru semangat juang para pahlawan terdahulu, yang kita implementasikan dalam proses pembangunan, khususnya di kabupaten kita tercinta ini,” kata KB sapaan akrabnya

Baca Juga :  Pemkab Kutim Bekerja Sama dengan ISI Yogyakarta, Tingkatkan Pariwisata, Seni Budaya dan Ekraf di Kutim

Gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih secara serentak dilakukan, merupakan program yang digagas oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Politik dan PUM Kemendagri) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutim Muhammad Basuni selaku koordinator kegiatan, dimana kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden melalui surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 400.10.1.1/1965/53

” Untuk menyemarakan HUT ke 78 RI dengan mengibarkan bendera merah putih di lingkungan masing-masing baik rumah, kantor, toko, perusahaan, fasilitas umum serta kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, ” pungkasnya.