Melestarikan Kebudayaan, LKK Kutim Gelar Pentas Seni Di Folder Maulana

oleh -
Melestarikan Kebudayaan

SANGATTA, KUTIMPOST.COM – Melestarikan Kebudayaan, LKK Kutim Gelar Pentas Seni Di Folder Maulana. Seni menjadi bagian dari perkembangan kebudayaan suatu bangsa. Adat melalui Laskar Kebangkitan Kutai (LKK) Kutai Timur, terus memperkenalkan tradisi yang telah turun-temurun menjadi warisan sejarah Kutai.

Kepala Adat Swargabara mengatakan, seni musik Tingkilan akan terus diperkenalkan ke masyarakat agar budaya tidak tergerus oleh perkembangan teknologi.

“Tingkilan dan seni Kutai yang lainnya, akan terus dilestarikan. Salah satunya tampil di Folder Maulana seperti sekarang ini,” tuturnya dihadapan media online Kutim Post. Minggu, (20/6/2021).

Baca Juga :  Lebaran 2020 Akan Sangat Berbeda

“Yang tampil pun remaja, yang nantinya akan meneruskan kesenian asli Kutai kedepannya,” lanjutnya.

Tingkilan merupakan salah satu jenis kesenian musik oleh masyarakat Kutai di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Musik ini lahir seiring dengan masuknya Islam ke Kutai dan sedikit banyak memiliki kesamaan bunyi dengan kesenian rumpun Melayu lainnya.

Tingkilan lantas menyebar melalui proses akulturasi dengan kebudayaan setempat, membuat musik ini kini terbagi menjadi tiga jenis (Hulu Mahakam, Tengah, dan Pantai) yang memiliki karakternya masing-masing. Kata tingkilan itu sendiri berarti menyindir lewat pantun dan musik. Makna ini masih bertahan, walaupun struktur musiknya itu sendiri telah mengalami berbagai bentuk perubahan.

Baca Juga :  Kirab Budaya Paguyuban Joyoboyo Kediri Hadirkan Kesenian Kuda Lumping