Wabup Kasmidi Bulang Kukuhkan Pengurus Permata Di 3 Kecamatan

oleh -616 views
oleh
Wabup Kasmidi Bulang Kukuhkan Pengurus Permata Di 3 Kecamatan
Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, saat mengukuhkan Pengurus Persaudaraan Masyarakat Batak (Permata), di Kecamatan Muara Wahau. Minggu (3/9/2023).
banner 1024x768

KUTIMPOST.COM, Muara Wahau – Wabup Kasmidi Bulang Kukuhkan Pengurus Permata Di 3 Kecamatan. Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, secara resmi mengukuhkan Pengurus Persaudaraan Masyarakat Batak (Permata) Kutim di 3 (tiga) kecamatan, yakni Muara Wahau, Kongbeng dan Telen yang dirangkai dengan pesta budaya batak pada Minggu, (3/9/2023) di Gedung Olah Raga Desa Karya Bakti, Kecamatan Muara Wahau,

“Atas nama pemerintah, Bupati dan Saya menyampaikan terima kasih banyak, terkhusus bagi warga batak baik yang ada di 18 kecamatan maupun Wahau, Kongbeng dan Telen. Yang sudah menjaga perdamaian, persatuan, dan ikut serta terhadap pembangunan di Kutai Timur. Alhamdulillah perkembangan Kutai Timur sekarang luar biasa,” ucap Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, pada sambutannya.

Menurutnya Ini merupakan agenda yang luar biasa, karena dapat menyatukan warga batak dalam bingkai budaya, satu bingkai kebersamaan dari Sumatera Utara yang hadir di Kutai Timur.

Baca Juga :  Kasmidi Ingin Pesta Adat Lom Plai Go Internasional

“Tentunya budaya-budaya kita dari para leluhur kita jangan di buang. Disini kita sudah menjadi warga Kutai Timur, mari kita saling menghargai, saling menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya yang menjadi induk atau budaya yang telah hadir di dunia ini, itu tidak boleh dilupakan,” tandasnya.

Pada kesempatannya tidak lupa Wabup mengucapkan selamat kepada Ketua Permata Kecamatan Muara Wahau yang baru dilantik.

“Selamat kepada ketua yang baru saja dilantik kepada Fransius Sinaga. Selamat menjalankan amanah menjadi Ketua Permata di Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Telen. Harapan kita tentunya dengan adanya organisasi ini menjadi wadah kita sesama warga batak untuk berhimpun, berpikir, berdiskusi yang berkaitan dengan kendala-kendala bagi warga batak yang ada di Kutim,” tuturnya.

Lanjut Wabup, seperti halnya sulitnya bagi warga batak yang ada di kecamatan untuk mendapatkan tempat pemakaman (penguburan) dan kendala-kendala lain yang dialami bagi warga batak.

“Tentunya dengan adanya kita berkumpul disini, bagai mana untuk mencari solusi. Dan Alhamdulillah Camat Wahau siap untuk mencari dan menyediakan tempat pemakaman bagi warga batak di sini serta pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa satu unit ambulans bagi Permata di Kecamatan Wahau, Kongbeng dan Telen,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tapal Batas Kewilayahan Antar Kutim-Berau Masih Dalam Proses Penyelesaian

Untuk diketahui Permata merupakan suatu organisasi yang bersifat kerohanian, sosial budaya dan kekeluargaan. Serta berkedudukan di Jalan Poros Desa Karya Bakti, Kecamatan Muara Wahau dengan cakupan wilayah di tiga kecamatan yakni Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Telen dan sekitarnya.

Organisasi Permata didirikan pada tanggal 15 Desember 2019 dengan tujuan sebagai wadah untuk menghimpun, melindungi, membina serta mengembangkan solidaritas sesama warga batak yang ada di Kabupaten Kutim.