Radalok Triwulan Keempat, Capaian Realisasi APBD Kutim Masih 36 Persen

oleh -478 views
oleh
banner 1024x768

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (Radalok) untuk triwulan keempat.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, mengungkapkan bahwa hingga 6 November 2023, realisasi anggaran pendapatan dan belanja (APBD) Kutai Timur masih berada pada angka 36 persen.

“Iya benar, capaiannya baru sekitar 36 persen, tapi tadi kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) berkomitmen angkanya sampai rata-rata 95 persen di akhir tahun,” ungkapnya, Senin (20/11/2023).

Kasmidi menyebut bahwa satu dari beberapa SKPD di Pemkab Kutai Timur akan menyerap anggaran hingga 85 persen saja. Dia juga mengungkapkan bahwa APBD Kutim pada tahun 2023 mencapai Rp 9,7 triliun, dengan sebagian besar dialokasikan di Dinas PUPR untuk pekerjaan fisik.

Baca Juga :  Silaturahmi dengan Wabup Kutim, Kades Benua Baru Minta Peningkatan Jalan Tani

Dirinya juga menyampaikan bahwa anggaran di Dinas PUPR mencapai Rp 1,9 triliun alias paling besar diantara SKPD lainnya.

“Dan tadi sudah berkomitmen semuanya bahwa per 15 Desember 2023 penagihannya sudah mencapai 95 persen,” imbuhnya.

Terakhir, Wabup Kasmidi menyampaikan agar kepala SKPD dan panitia pelaksana program tidak diperbolehkan melakukan dinas luar (DL) hingga tanggal 15 Desember 2023 mendatang.

“Jadi tidak ada lagi tagihan yang terbentur hanya gara-gara satu orang ikut bimtek (bimbingan teknis) atau kunjungan kerja tapi mengabaikan kegiatan yang luar biasa yang kita lakukan di Kutai Timur ini,” pungkasnya.